OPINI

GALAU 

Di tengah perubahan yang membingungkan, dimana hukum tidak jelas, sehingga law enforcement tidak berjalan; economie policy suram dan penuh keragu-raguan, sehingga suku bunga central bank lebih tinggi dibandingkan bunga simpanan, ditambah lagi lingkungan fiskal lebih difokuskan pada upaya mencapai target sesaat, sehingga jangka panjang/kontinuitas tidak terpikirkan; sementara kehidupan dibayangi-bayangi oleh moral hazard yang sama sekali jauh dari aturan sosial…….

Di tengah perubahan yang membingungkan, dimana beragam komentar yang bernada justifikasi; beragam komentar dengan tujuan peningkatan efisiensi; beragam komentar demi terbebaskan dari korupsi; dan komentar-komentar lainnya yang pada akhirnya para komentator-komentator tersebut tidak yakin akan pendapat mereka sebelumnya, sehingga tampak seperti penipu…….

Di tengah perubahan yang membingungkan, dimana segi-segi negatif menjadi pedoman dasar untuk membuat benar-benar sukses, sementara pandangan positif malah dikerdilkan…….

Di tengah perubahan yang membingungkan, ternyata kebingungan tersebut berjalan terus-menerus bahkan makin tajam dan semakin agresif…….

7 responses to “OPINI

  1. mas, ada dampak negatif dan positif dari posisi indonesia secara geologi, ngga?
    butuh buat bahan tugas ( saya masih SMP )

    • …..ditengah perubahan yg membingungkan ini, mulai dari aspek ekonomi, politik, sosial & budaya, yang antara lain ditandai dengan pasar bebas, melambatnya pertumbuhan ekonomi negara-negara utama dunia (seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang), ketergantungan perekonomian antar negara sehingga menciptakan kerjasama antar kawasan/regional (seperti ASEAN, NAFTA, Mercosur, Agoa, European Commission-EU), dan lainnya…….sudah pasti akan mempengaruhi Indonesia, karena perekonomian Indonesia tidak dapat terlepas dari perekonomian dunia (begitu pula dengan negara-negara berkembang lainnya). misalnya dalam perdagangan ekspor, dampak negatifnya adalah harga komoditas Indonesia (seperti tekstil & pakaian jadi, elektronik, sepatu, kopi, karet, lada putih, dan lain-lain) permintaannya menurun.

  2. Pak, gak ada versi bahasa Inggrisnya ya?…

  3. pak,,,gimana perkembangan perusahaan tekstil indonesia tahun 2006-2011 ini??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s