Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API)

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) adalah asosiasi sektoral yang bergerak di bidang industri dan perdagangan tekstil dan produk tekstil (TPT) yang didirikan di Jakarta pada tanggal 17 Juni 1974 oleh kalangan pengusaha TPT Indonesia. Sebagaisebuah organisasi pertekstilan di Indonesia yang non-pemerintah, non-profit, dan independen, API mempunyai komitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja industri dan perdagangan TPT nasional.

Tujuan didirikannya API adalah sebagai wadah bagi anggota untuk menyalurkan aspirasi dan juga memberikan kontribusi terhadap upaya pengembangan dan peningkatan industri dan perdagangan TPT Indonesia yang disusun dan dirancang serta diputuskan setiap 3 (tiga) tahun sekali di Musyawarah Nasional (Munas) API.

Aktivitas API yang utama adalah memfokuskan pada pelayanan untuk kepentingan dan kebutuhan anggota yang diwujudkan dalam bentuk kerjasama dengan pemerintah, pengusaha TPT, komunitas industri mesin TPT, asosiasi disainer, perguruan tinggi & akademi, pers, pengamat & pakar pertekstilan, dan stakeholders pertekstilan lainnya dengan tujuan untuk pengembangan dan peningkatan industri dan perdagangan TPT nasional.

Aktivitas tersebut antara lain informasi industri TPT Indonesia, data angka actual kinerja industri TPT Indonesia, penelitian dan pengembangan bagi kepentingan industri TPT nasional, dan informasi lainnya seputar industri dan perdagangan TPT Indonesia.

Anggota API pada tahun 2007 berjumlah 1070 perusahaan TPT (berskala besar dan menengah) yang terdiri dari industry fiber making (pembuat serat), industry spinning (pemintalan), industry weaving/knitting (pertenunan/perjutan), industry embroidery (pembordiran), industry dyeing/printing/finishing (pencelupan/pencetakan/penyempurnaan), industry pembatikan termasuk kerajinan dan handycraft, industry garment (pakaian jadi), dan industri pembuatan tekstil jadi.

Sebagai organisasi pertekstilan di Indonesia, kantor utama API berkedudukan di Jakarta, yaitu Badan Pengurus Nasional (BPN) yang membawahi Badan Pengurus Propinsi (BPP) dan Komisariat Daerah (Komda – Solo, Semarang, Pekalongan, Klaten) dimana 7 BPP (Jogjakarta, Bali, NTB, Lampung, Sumatera Barat, Riau, Sulawesi Selatan) merupakan basis industri TPT berskala kecil dan menengah termasuk UKM, kerajinan dan handycraft. Dan 5 BPP (DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur) merupakan basis industri TPT berskala besar dan menengah.

Adapun jenis industri TPT dan potensi per wilayah, sebagai berikut :

  • BPP API DKI Jakarta, jenis industrinya spinning, weaving, knitting, dying, printing, finishing, garment, dengan skala besar dan menengah, termasuk wilayah Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Karawang. Industri garmentnya mengarah pada high fashion; industri weavingnya terdiri dari woven knitting dan non woven; dan industri dyeing/printing/finishing pada processing.
  • BPP API Banten, jenis industrinya maupun potensinya tidak jauh berbeda dengan BPP API DKI Jakarta.
  • BPP API Jawa Barat, jenis industrinya spinning, weaving, knitting, dying, printing, finishing, garment, dengan industrinya berskala besar dan menengah, termasuk wilayah Purwakarta dan Sumedang. Industri weavingnya terdiri dari woven, knitting dan beberapa non woven; industri dyeing/printing/finishing pada processing. Industri kecil dan menengahnya pada hand woven, bordir, dan sutera, diwilayah Tasikmalaya dan Majalaya.
  • BPP API Jawa Tengah, jenis industrinyaspinning, weaving, wnitting, dying, printing, finishing, garment, dengan skala besar dan menengah. Industri weavingnya terdiri dari woven dan knitting; industri dyeing/printing/finishing pada processing. Industri kecil dan menengahnya merupakan tekstil tradisional bergerak di sektor batik, hand woven tradisional, dan bordir.
  • BPP API Jawa Timur, jenis industrinyaspinning, weaving, knitting, dying, printing, finishing, garment. Industrinya berskala besar dan menengah. Industri weavingnya terdiri dari woven, knitting dan beberapa non woven; industri dyeing/printing/finishing pada processing. Untuk UKMnya dalam bentuk tekstil tradisional di sektor batik, hand woven tradisional, bordir.
  • BPP API D.I. Jogjakarta, jenis industrinya spinning, weaving, garment, dengan skalanya kecil dan menengah serta umumnya adalah tekstil tradisional. Ada beberapa industri besar, yaitu industri weaving pada woven dan knitting, industri dyeing/printing/finishing pada processing, industri garment yang mengarah ke fashion, serta sektor batik dan hand woven tradisional.
  • BPP API Bali, jenis industrinya weaving, dyeing, printing, garment. Industrinya berskala kecil dan menengah, serta hampir sebagian besar bergerak di hand woven, tradisional batik, ikat, songket, dan tekstil tradisional lainnya.
  • BPP API NTB, jenis industrinya garment dengan skala kecil dan tradisional dengan potensinya ikat, songket, hand woven tradisional.
  • BPP API Lampung, jenis industrinya printing, garment, batik, dan hand woven. Industrinya banyak di garment berskala kecil dengan sifatnya tradisional seperti songket, tapis, batik, bordir, sulaman.
  • BPP API Sumatra Barat, jenis industrinya garment berskala kecil dan menengah dalam bentuk tekstil tradisional, hand woven tradisional, batik, songket, bordir, dan sulaman.
  • BPP API Riau, jenis industrinya printing dan garment yang banyak bergerak di garment tradisional dalam bentuk songket, hand woven tradisional.
  • BPP API Sulawesi Selatan, jenis industrinya garment dengan potensinya sutera tradisional, hand woven, spinning tradisional, dan garment berskala kecil.

BPN API berkedudukan di Gedung Adhi Graha Lantai 16. Jalan Jend. Gatot Subroto Kaveling 56, Jakarta 12950, Indonesia. Telp. (62-21) 5272171  Fax. (62-21) 5272166, E-mail: sekretariat@bpnapi.org , buscenter@bpnapi.org , Website: www.indonesiaspinners.com

About these ads

170 responses to “Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API)

  1. Dear API Officer,

    Related to the grow business that we have, we would like to have much more informations flow on the updated situation in the garment industry,
    And thus we would like to know any possibilities for PT Hollit International to be registered in the ‘API’.

    Thank you for your kind attention in advance.

    Best regards,
    Aurora Lubis

  2. For information about Indonesia textile and textile product industry situation, API have a magazine namely Indonesian Textile Magazine (ITM-API News) and subscription to buscenter@bpnapi.org and sekretariat@bpnapi.org or please see API website at http://www.indonesiatextile.com

    To be API member based on Statute and Rule of Association at
    1. Pasal 3, Pendaftaran Anggota: Permintaan untuk menjadi anggota Asosiasi Pertekstilan Indonesia harus mendaftarkan diri pada Asosiasi Pertekstilan Indonesia.
    2. Pasal 4, Prosedur Pendaftaran Anggota Biasa: (1) Yang dapat menjadi anggota biasa adalah perusahaan, BUMN atau BUMD, dan badan usaha swasta yang berbadan hukum, yang melakukan sekurang- kurangnya salah satu kegiatan:
    a. Pembuatan serat dan filament.
    b. Pembuatan benang tekstur.
    c. Pemintalan.
    d. Pertenunan.
    e. Perajutan dan bordir.
    f. Penyempurnaan atau pencelupan/pencetakan.
    g. Pembatikan.
    h. Pembuatan tekstil jadi lainnya.
    i. Pembuatan pakaian jadi.
    j. Perdagangan produk-produk pertekstilan.

  3. hormat saya,
    saya mhswa br ang. 07 saya blm tau bgt ttg dunia textile..
    pak boleh minta info tentang geo tekstil ga? dan bagaimana perkembangan geotekstil di indo selam 10 trkhr.trim

  4. mas johan,
    info & perkembangan tentang geo tekstil di Indonesia & juga peruntukkannya masih belum banyak, misalnya PT. Gajah Tunggal yang geo tekstilnya hanya pada memproduksi ban untuk kendaraan bermotor dengan serat synthetic khusus

  5. Aslm. saya mhssw tekstil juga
    hormat saya,
    pak, sofware apa yang sering digunakan dalam dunia textile ?.trim

  6. softwarenya banyak dan yang digunakan biasanya tergantung kebutuhan dari perusahaan yang bersangkutan, misalnya untuk pengolahan databasenya memakai microsoft; atau database untuk production plan memakai vastreatch; atau untuk di garment memakai lawson…

  7. hormat saya,

    Maaf mau tanya pak, klo misalnya kita ingin bergabung& bekerja di API bagaimana caranya y?

  8. mas andi, kalau untuk bergabung (maksudnya menjadi anggota API) berdasarkan AD/ART API, yaitu mendaftarkan diri ke API melalui surat dan nanti kami akan kirimkan formulirnya. kalau maksudnya untuk bergabung dan bekerja di API tentunya pada saat kami membuka lowongan/membutukan tenaga….

  9. Salam Pak, saya ingin memulai usaha mengumpulkan limbah dari garmen dan tekstil. Apakah Bapak bisa memberitahu saya alamat dan no tlp API yg ada di daerah Yogya? Terima kasih banyak Pak. Salam.

  10. alamat BPP API Jogjakarta di Jalan Karangnongko RT 10/42, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Telp/Faks 0274-415580 & cp-nya Charadin

  11. Mohon info bagaimana cara mendapatkan (beli) produk geo tekstil dan berapa harga untuk franco Balikpapan, Kalimantan Timur.
    Mohon jawaban di CC ke mar_yon@yahoo.com. Wslm, Maryono

  12. mas, untuk itu bisa langsung saja ke PT. Gajah Tunggal……

  13. Mohon info bagaimana caranya menjadi anggota API. Saya tinggal di Surabaya. Alamat BPP API Jatim dimana? Apakah sering mengadakan pertemuan atau pameran?

  14. dapat langsung menghubungi via e-mail api_jatim@telkom.net dengan cp b’ira atau b’anna dan alamatnya di PT. Ramagloria Sakti Tekstil Industri di Jl. Embong Trengguli No. 22 Surabaya 60271 dengan Telp. 031 5464662 Fax. 5464677.
    untuk pameran, yang rutin adalah milik API, yaitu Indonesia Textile and Apparel Fair-ITAF setiap tahun, sedangkan pameran lainnya disinergikan dengan pemerintah (BPEN) maupun dengan swasta (nasional maupun intenasional).
    pertemuan, kalau yang berkaitan dengan kegiatan/aktivitas seperti undangan, seminar/workshop dari Kadin atau instansi pemerintah atau swasta, cukup sering.

  15. Slmt malam

    ini kunjungan saya kesini

    saya adalah pegawai di direktorat jenderal bea dan cukai tg. Emas semarang

    mohon kalau ada informasi mengenai penyelundupan tekstil dengan memakai modus penyalahgunaan kawasan berikat atau fasilitas kite mohon segera di informasikan kepada saya langsung ke nmr 081319993363(sms dulu)

    semoga permintaan saya ini dapat sedikit membantu agar asosiasi tekstil nusantara dapat terus berjaya dan terselamatkan dari kerugian penyelundupan

    • ……akan saya infokan dan memang sudah seharusnya seluruh komponen di republik yang kita cintai berkoordinasi. karena kerugian akibat penyelundupan dampaknya sangat besar, tidak hanya mematikan industri kecil dan menengah TPT yang 100% pasarnya adalah domestik, tapi juga berlanjut ke PHK, kredit macet dan pendapat pajak menurun….

  16. salam kenal, pak saya ini mahasiswa tekstil tingkat akhir yang sedang melakukan penyusunan tugas akhir….
    saya mau bertanya tentang harga bale serat PVC

  17. ass, mhn diberi tahu alamat atau situs2 yang berhubungan dengan prodesen tekstil

  18. salam kenal. saya teguh mau tanya kalo mau nyari data tingkat penggunan kapas dalam industri tekstil n mengenai ekspor tekstil indonesia dimana pak. makasih

  19. Salam kenal, saya adalah pegawai BNI yang ingin menjajaki kerjasama bisnis perbankan dengan API khususnya daerah Jateng dan DIY. BNI dapat membantu penyediaan fasilitas pembiayaan untuk event2 API atau joint promotion dalam pameran API. Dengan MOU antara BNI dengan API akan mempermudah pelayanan perbankan yang lebih mudah dan cepat. Silahkan menghubungi saya di No. HP 081319673567 , saya akan dengan senang hati memenuhi undangan untuk presentasi. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Sukses buat API.

    • salam kenal juga pak…
      …..utk membicarakan kerjasa bisnis tsb, saya siap saja pak & utk itu saya akan menghubungi. semoga saja kerjasamanya nanti dapat memberikan manfaat. terimakasih pak…

  20. Ass, saya tertarik dengan perkembangan industri tekstil d Jawa Barat. Untuk info lebih lanjut bisa diperoleh dmana? Terima kasih.

  21. Selamat malam Pak Ismy,

    Saya mahasiswa strata-2 MM Undip – Semarang, meminta ijin bantuan dan petunjuk dari Bapak berkaitan dengan tesis saya.

    Tesis saya mengenai analisa tentang perkembangan industri TPT di jawa tengah, dimana fenomena bisnis yang saya sorot ialah perbandingan konsumsi tekstil domestik dan impor dari tahun per tahun.

    Dari website API, disajikan secara global perkembangan industri TPT. Dari power point Pak Benny S. juga disajikan data-data yang menarik mengenai konsumsi TPT namun global (seluruh Indonesia)/ tidak spesifik per daerah.

    Yang ingin saya tanyakan ialah:
    1. Untuk Jawa Tengah, apakah API Jawa Tengah mempunyai data detail mengenai perkembangan konsumsi produk TPT di Jawa Tengah (perbandingan konsumsi produk TPT domestik/ lokal dengan produk TPT impor).

    2. Jikalau ada, kemanakah saya bisa bertanya? (website/ email API Jawa Tengah).

    Atas perhatiannya dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

    Salam,
    Anindityo Dharmawan, ST
    0819 0411 5684

    • mas anindityo dharmawan, ST
      sebagai info bahwa data statistik industri TPT nasional yang ada di API, kita memperoleh dan mengolahnya adalah dengan riset. diawali dengan data dari BPS lalu depprind, depdag, disperindag, depnakertrans (termasuk dinasnya di daerah), bkpm, bank indonesia, bea cukai, dan berlanjut ke WTO, uni eropa, amerika serikat, jepang, ASEAN, afrika selatan, dan lainnya yang berkaitan dengan textile & clothing terutama dari negara-negara tujuan ekspor-impor TPT indonesia yang saat ini sudah lebih dari 200 negara.
      jadi…data tersebut kita memperolehnya bukan instan, mas…kita lakukan riset…bukan seperti indomie yang semuanya (bumbu, cabe, mie, penyedapnya) sudah tersedia & tinggal masak…sementara untuk mengolahnya pun (kalau itu indomie…cara memasaknya) kita juga meyiapkan sarana & prasarananya…bukan tinggal masak.
      untuk pertanyaan mas, secara per daerah kita tidak ada. yang ada datanya adalah secara nasional dan itu pun juga kita lakukan riset (sama halnya dengan penyusunan tesis…) dengan data 3-4 bulan mundur. selanjutnya, dalam arti untuk melengkapinya…dapat ditanyakan ke disperindag setempat.
      terimakasih…..

  22. Terimakasih atas jawaban dan penjelasan Bapak. Saya juga mempunyai data dari Badan Pusat Statistik (BPS), namun saya kira lebih realistis data dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), karena dari data API secara statistik dapat diketahui gap/ kesenjangan-kesenjangan yang menarik untuk dijadikan latar belakang permasalahan penelitian.

    Atas dasar itulah, saya kurang percaya dengan data-data yang disajikan oleh BPS, karena menurut saya data dari BPS cenderung “menormalisasi” kesenjangan yang seharusnya ada.

    Guna pelengkapan data, saya akan mengikuti anjuran Bapak untuk bersambang ke Disperindag melengkapi data.

    Dari argumen Bapak tersebut diatas juga akan saya jadikan dasar untuk bernegosiasi dengan dosen pembimbing saya.

    Terimakasih Bapak atas perhatian yang diberikan. Salut atas kerja tim API. Mohon kesediaannya jika saya membutuhkan bantuan Bapak di lain waktu. Saya berharap, penelitian saya ini dapat mendukung daya saing industri TPT Nasional.

    Maju jaya pertekstilan Indonesia!

    Salam,
    Anindityo Dharmawan, ST

    • terimakasih kembali mas…
      tambahan mas, coba juga data yang dibutuhkan dapat dicari di LIPI. utk data lainnya yang dibutuhkan…sepanjang memang ada, saya siap membantu dan dukung demi kejayaan pertekstilan indonesia

  23. Pak,

    Saya sedang mencari tracer/disainer kain batik dalam skala industri rumah tangga di Jakarta. Kandidat minimum berpengalaman 5 tahun, mampu bekerjasama mengembangkan suatu ide kreasi.

    Saya ingin mengiklankan pekerjaan ini sebenarnya, tetapi di mana ya?

    Mungkin bisa bantu siapa yang bisa saya kontak?

    Terima kasih,

  24. Aslm. pak saya mahasiswa yg sedang dalam proses penyusunan tugas akhir yg terkait dgn garmen. Ada analisis yg menggunakan CR4 (konsentrasi 4 perusahaan terbesar), apakah bapak mengetahui 4 perusahaan terbesar yg ada pada industri garmen di indonesia?
    Terima Kasih

  25. Pak, saya sdg menyusun tesis ttg kinerja industri TPT dan kinerja ekspornya. Mungkin API sudah biasa melakukan ini. Metode apakah yang bisa digunakan untuk menganalisis kinerja industri dan kinerja ekspor? Bolehkah saya mengutip tulisan Bapak disini maupun di Bagian I dan Bagian II? Dan kalau saya mengutip, saya harus menuliskan nama Bapak dan kapasitas Bapak di API (Bapak tergabung dalam API kan?). Boleh minta informasinya ttg itu? Tks.

    • bu intan…
      1. metode yang dipakai API lebih banyak dengan metode tabulasi dengan analisis kualitatif. tetapi umumnya untuk pemilihan metodenya ini tergantung dengan objek dan materi yang akan dibahas.
      2. silahkan saja untuk mengutip tulisan tersebut dan saya di API sebagai sekretaris eksekutif di badan pengurus nasional (BPN) API.
      demikian bu….

  26. oya, kira2 data apa saja yang dibutuhkan untuk analisis ini? Tks

  27. Salam,
    saya dari Kuala Lumpur, Malaysia. Saya adalah penulis mengenai fesyen terkini dan amat berminat untuk mengetahui asal usul Sulaman Kerawang. Puas sudah saya mencari sejarah Sulaman Kerawang, elalui internet tetapi malangnya tidak ketemui.
    Ada juga saya terbaca ianya datang dari Sulewasi Tengah, akan tetapi kepastiannya harus menepati kebenaran sebenar.

    Saya amat tahu bahawa sulaman ini asalnya dari Indonesia. Tetapi asal negeri nya di mana ya. Saya sedang menulis mengenai Sulaman Kerawang di mana ia amat diminati sama juga di masyarakat Malaysia. Saya ingin merealisasikan masyarakat Malaysia, bahawa sulaman ini asalnya dari Indonesia.
    Saya berharaf sesungguh dapatlah saudara mengirim kepada email kepada saya, -rj_mkj@yahoo.com – atau –
    admin@ftimdc.com -
    Kesudian saudara dengan memberikan sejarah sulaman kerawang ini amat saya hargai sekali.
    Salam
    rosita jaafar

    • bu rosita jaafar,
      sulaman kerawang, sepengetahuan saya yang dimaksudkan kerawang adalah berlobang-lobang, seperti jala, dan sulaman kerawang tidak lain adalah baju encim (kebaya), sedangkan daerahnya di Indonesia ada di Medan, Menado, Tasikmalaya. untuk lebih lanjut, silahkan hubungi jadin_art@yahoo.com
      terimakasih…

  28. maaf pak numpang tanya.
    kalo mau mencari barang2 sisa garment?limbah garment berupa interlinging,kain sifon,tc,katun salur,parasit,laken topi itu dimana.
    kalo tau beri saya num hp yg bsa saya hubungi.
    kirim via massage ke email saya ya pak.

    • pak, untuk alamatnya bapak dapat lihat di http://www.indonesiatextile.com , sebagai info pak, barang2 sisa produksi (bukan limbah dan masih baru, bukan bekas) tsb sepengetahuan saya sudah ada yang menampungnya maksudnya sudah ada pembelinya tersendiri. sebagai contoh seperti majun (sisa potongan2 benang) atau perca (sisa potongan2 kain), sudah ada pembelinya yg nantinya juga akan diproses kembali…

  29. Dear pak Egi

    Selamat Tahun Baru 2010, selamat menghadapi regulasi baru untuk dimulainya Asean – China Free Trade Area ( AC – FTA ). Dari berbagai berita yang saya baca di media massa , saya juga amati secara sepintas, tentang diberlakukannya AC-FTA pada 1 Januari 2010, bahwa yang paling merasakan dampaknya adalah dunia pertekstilan. Sebelum diberlakukannya AC FTA saja produk garment maupun tekstil di Indonesia sudah dibanjiri oleh produk dari China, bahkan sampai batik pun, yang notabene adalah khas Indonesia sudah diproduksi massal di China dan kemudian masuk dipasaran Indonesia.

    Pada kesempatan ini, saya yang mempunyai bisnis dibidang advertising, merasa bahwa sudah saatnya API melakukan promosi melalui media massa, untuk masyarakat Indonesia agar lebih mencintai produk dalam negeri, dengan massage menggugah konsumen Indonesia cinta memakai produk Indonesia. kami akan membantu bapak, membuat Promotions Plan, dengan Creative Strategy dan Media Strategynya. Kami merasa hakl ini perlu segera dilakukan untuk menyelamatkan industrui tekstil dan garment di Indonesia. Apabila berkenan, dengan senang hati, setiap saat kami akan mempresentasikan, dihadapan Bapak, atau pengurus API lainnya.

    Terimakasih

    Asih Winarni Zainal

  30. Asslm,
    Bagaimana caranya ingin mendapatkan data base alamat pabrik tektile/shipper di wilayah jabotabek,bandung.

    thank
    furi

  31. Salam kenal pak…
    saya beberapa kali ke tempat bea cukai sby,untuk menanyakan mengenai dokumen2 yg diperlukan untuk dapat impor TPT,tapi masih belum juga jelas sampai sekarang,apakah solusi dr bapak? adakah situs atau org bisa saya hubungi perihal ini?

  32. Dengan hormat, Pak saya mahasiswa S2 desain, sedang menyelesaikan tesis dengan topik pengolahan kain brokat. dimana saya bisa mendapatkan data dan informasi tentang produksi dan konsumsi kain brokat di dalam negeri tertama kota-kota besar di Indonesia. Dan jumlah industri fashion pengguna kain brokat tersebut ya? Terimakasih banyak..

    • mbak…
      untuk info industrinya, produksinya, konsumsinya, penggunanya, saya rasa sangat sulit untuk didapatkan karena infonya tersebut ada dibeberapa instansi pemerintah yang dapat diketahui dari ijin usahanya, angka pengenalnya, HOnya, dan lainnya. sedangkan untuk data statistiknya (ekspor-impor) dapat diketahui dari nomor HSnya dan untuk itu coba ke BPS…

  33. saya mahasiswa S1 Teknik Industri. saya membutuhkan data produksi karpet domestik. di mana saya bisa mendapatkannya?

    • bu…
      1) ke direktorat industri tekstil dan produk tekstil, ditjen ILMTA, kementerian perindustrian…
      2) sbg info (dari data yang ada) industri karpet nasional berjumlah 13 perusahaan dimana 3 perusahaannya adalah integrated dengan jumlah tenaga kerjanya sekitar 2.000 pekerja…

  34. Agus Siswoyo Dipl.Teks

    Dengan Hormat, saya mencari pabrik teksil yang bisa di Sewa /kontrak untuk Processing Printing ,Dyeing untuk Produk Ct.TC dan Rayon dgn Kap. 2 Jt Yds./Bln ..
    terima kasih.

  35. Pak Ernovian, salam kenal. saya deny, mahasiswa yg sedang menyusun skripsi tentang analisis kebijakan tarif bea masuk atas produk teksti china, dimana saya bisa dapatkan informasi tentang produk tekstil yang terancam atas produk tekstil china. dan juga data tentang ekspor-impor tekstil indonesia china dalam 5 tahun terakhir..Terima kasih.

    • pak…
      1) coba dilihat dari produk-produk impor berdasarkan nomor HSnya, misalnya untuk kain (HS nomor 52 s/d 54) dan pakaian jadi (HS nomor 61 s/d 63) dimana produk-produk kain dan pakaian jadi tersebut industri lokal juga memproduksi…
      2) dapat dibeli di BPS…

  36. Pak bisa minta info untuk saat ini ada berapa total spindle spinning cotton yang terpasang di Indonesia, apa/bagaimana bisa dapat directory pabrik spinning tsb. Terima kasih

    • pak…
      th 2008: ring spindles 7,9 juta (2007: 7,8 juta) & OE rotors 116.000 (2007: 110.000)
      untuk directory tsb dapat menghubungi ibu ita di Sekretariat BPN API di nomor telp 021 5272171
      terimaksih

  37. Pa. mohon bantuan alamat dan no. tlp pabrik /distributor kain laken di Jawa Barat, trim

  38. pak saya mau bertanya. apakah ada para anggota API Bandung yang bergerak dalam bidang industri pengolahan/manufaktur berbasis eksport?
    jika ya, apakah saya bisa meminta contact person untuk anggotanya yg bergerak dalam bidang industri pengolahan/manufaktur berbasis eksport.
    saat ini kami sedang melakukan kajian berkisar tentang industri pengolahan berbasis eksport. terimakasih pak.

    • …dalam pola penjualan/distribusi, secara rata-rata di sektor fiber (lokal 75%, ekspor 25%), di sektor spinning (lokal 50%, ekspor 50%), di sektor weaving/knitting & dyeing/printing/finishing (lokal 65%, ekspor 35%), di sektor garment (ada yg 100% lokal, ada juga yg lokal 30% dan ekspornya 70%)…utk info tersebut di BPP API Jawa Barat (apijabar@bdg.centrin.net.id) ada directory & bisa diperoleh dengan membeli directory tersebut…

  39. Selamat Malam Pak Ismy.
    Saya sebelumnya pernah meminta data kepada Bapak mengenai perkembangan industri tekstil di Indonesia. Data tersebut sebagian saya pergunakan sebagai dasar penelitian dalam bidang manajemen mengenai manajemen SDM dunia tekstil/ garmen.
    Saat ini proposal penelitian yang saya ajukan sudah diterima oleh Dosen pembimbing saya. Guna membantu proses pengambilan data primer melalui pengisian angket, apakah saya bisa meminta bantuan Bapak untuk memberikan rekomendasi dalam bentuk surat/ memo tertulis sebagai lampiran guna mendukung penyebaran angket saya Pak? lingkup penyebaran angket saya di Jawa Tengah dan DIY.
    Apabila Bapak menghendaki, saya akan kirimkan proposal penelitian saya beserta surat pengantar dari kampus saya jurusan Magister Manajemen, Univ. Diponegoro – Semarang.
    Atas perhatian yang Bapak berikan, saya ucapkan terimakasih.

    Salam,

    Anindityo Dharmawan

    • pak…
      utk hal tsb dapat berkoordinasi dengan perwakilan API yang di Jawa Tengah & DI Jogjakarta karena lebih mengetahui kondisi dan situasi setempat. dan utk lebih jelasnya dapat ditanyakan ke Sekretariat BPN API…
      demikian pak…

  40. Terimakasih Pak atas perhatian Bapak..
    Salam..

  41. Pak, klo alamat BPP API di Jateng dan Jatim dmana ya ? Terima kasih

  42. Pak, saya mahasiswa s1 teknik industri.
    saya sedang mengambil tugas akhir ttg industri garmen melalui metode scp, ada analisis yg menggunakan CR4 (konsentrasi 4 perusahaan terbesar), apakah bapak mengetahui 4 perusahaan terbesar yg ada pada industri garmen di indonesia?
    dari komen yg sebelumnya yg saya baca, yg dapat ditemukan melalui link ini http://www.indonesiatextile.com/
    saya mencoba mencari tetapi saya tidak menemukan pak.
    sekiranya bapak dapat membantu lebih lanjut.
    atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih.

    • pak…saran saya sebaiknya perusahaan garment yang dipilih adalah yang TBK sehingga data2/ifo2 yang dibutuhkan memang sudah dipublikasikan
      demikian pak dan terimakasih…

  43. Dear Pak Egy,
    perkenalkan nama saya Eko mahasiswa s2 ITB, saat ini saya sendang menyusun thesis dengan tema analisa faktor resiko ekonomi makro terhadap industry textile. dalam mengumpulkan data statistik mengenai industri ini saya mengalami kesulitan. pertanyaan saya adalah apakah di API memeliki data base seperti: realisasi output industri tekstil, realisasi ekspor, dsb
    bila ada, bagaimana prosedur untuk mendapatkannya?
    Terima kasih atas perhatiannya

    Regards

    Eko

  44. dear pa egy,,
    salam kenal, saya olin mau menanyakan apakah di Indonesia ada pabrik tekstil yang produksi bahan untuk tas kaya dinnir 420,dinnir 300,dinnir 600 ataupun cardura? saya bisa minta nama pabrik dan alamat pabrik yang produksi bahan tersebut? terimakasih.

  45. Dear Mr Egy…
    Salam kenal, saya sedang mencari informasi terkait kondisi penjualan (harga terakhir) fiber di indonesia,
    khusus product spun yarn, rayon, polyester, cotton yarn, nylon yarn dll.
    kira2 dimana saya bisa dapatkan informasi tersebut
    thanks b4

    • salam kenal…
      untuk harga2 tersebut sepengetahuan saya ada tapi bukan untuk konsumsi publik dan hanya ada dikalangan spinners
      demikian dan terimakasih

      • Terimakasih atas balasannya Mr. Egy
        mungkin Mr egy bisa bantu kasih tau saya, spinner community yang ada di indonesia? Kalo soal fiber market indonesia secara umum kira2 dimana ya saya bisa dapatkan infonya?
        Terima kasih banyak sebelumnya

        brgds
        Hilly

  46. Salam kenal Pak.
    Saya mau nanya, apakah untuk orang di luar pengusaha tekstil dan anggota API bisa keep in touch dgn API ? khususnya API Jawa Barat. Apakah ada divisi tersendiri yang memang bertugas untuk berhubungan dengan pihak umum lainnya. Kegiatan apa saja yang bisa Saya ikuti diluar kegiatan khusus anggota dan pengurus API ? kalau boleh, Saya mohon bantuannya untuk kontak person API Jabar.
    Terima kasih Pak. Sukses untuk Pertekstilan Indonesia.

  47. salam kenal…
    mohon informasi bagaimana prosedurnya untuk menjadi member API bagi ukm kecil seperti kami. Posisi kami di bekasi. Apakah ada kontak yang bisa kami hubungi…
    mohon informasinya bisa disampaikan juga by email
    Terimakasih

    • Pasal 4
      berdasarkan ART API pasal 4:
      1. Yang dapat menjadi anggota biasa adalah perusahaan, BUMN atau BUMD, dan badan usaha swasta yang berbadan hukum, yang melakukan sekurang- kurangnya salah satu kegiatan: a. Pembuatan serat dan filament. b. Pembuatan benang tekstur. c. Pemintalan. d.Pertenunan. e. Perajutan dan bordir. f. Penyempurnaan atau pencelupan/pencetakan. g. Pembatikan. h. Pembuatan tekstil jadi lainnya. i. Pembuatan pakaian jadi. j. Perdagangan produk-produk pertekstilan.
      2. Pendaftaran Anggota Biasa dilakukan secara tertulis dengan mengisi formulir pendaftaran Anggota Biasa yang disediakan oleh API dengan disertai salinan/fotokopi Surat Keterangan lzin Usaha, Akte Pendirian Perusahaan atau Putusan Pemerintah tentang Pendiriannya dan Daftar Pimpinan Perusahaan.
      untuk selanjutnya dapat mnghubungi egismy@bpnapi.org
      terimakasih

  48. Dengan hormat kepada bapak Egy,
    Saya mahasiswi yang sedang membuat makalah mengenai pengaruh dari ACFTA terhadap bisnis tekstil di Indonesia, terutama di bagian ekspor dan impor nya. Saya membutuhkan data” mengenai ekspor-impor tekstil Indonesia dari tahun sebelum ACFTA ada sampai sekarang. Apakah sy bisa meminta datanya? Sebelumnya, saya sudah mencoba untuk membuka website http://www.indonesiatextile.com namun tidak mendapatkan apa” mengenai data yang saya perlukan.
    Kalau berkenan, saya juga ingin mengetahui pendapat bapak tentang pengaruh ACFTA sebelum dan sesudah di implementasikan.
    Terima kasih sebelumnya.

    Windy.

    • mbak windy,
      data statistik yg dimaksud, artinya antara th 2009 s/d 2010 dan sayangnya utk th 2010 hanya baru ada s/d bulan juni, jadi jika mau membandingkannya antara (jan-juni) 2009 dengan (jan-juni) 2010 dan sbg gambaran singkat utk produk tekstil dan produk tekstil (TPT) indonesia: ekspor naik 51,9% (dari USD 83.499.078 ke 126.795.426) dan impor naik 46,0% (dari USD 488.844.687 ke 713.791.226). demikian dan terimakasih…

  49. Makasih pak Egi.
    Klo soal ACFTA sndiri bagaimana mnurut pak Egi?
    Apa ACFTA merugikan/menguntungkan? Soalnya dalam hal ini sangat ambigu mengenai efek yang timbul. Sy sangat membutuhkan pendapat dari seseorang yg mengerti mengenai bidang tekstil. Bapak bisa mengirim pendapat bapak ke email sy. wndee_yt@hotmail.com
    Terima Kasih banyak.

  50. Jepri Supomo Purba

    Saya mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sumatera Utara angkatan 2007.
    Saya mau membuat skripsi yang berjudul: “Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
    Kira-kira apa fenomena yang menarik dari sektor Tekstil dan Garmen ini?
    Terima kasih.

    • …yg menarik adalah kenapa sektor perbankan (sebagain besar) masih saja beranggapan sektor tekstil dan garmen ini sektor yang berisiko tinggi, sehingga enggan memberika kredit (untuk modal kerja, ekspansi, investasi baru)…menariknya : 1) bank asing (maksudnya di luar Indonesia) malah bersedia memberikan kredit ke sektor tekstil dan garmen Indonesia…2) kinerja sektor tekstil dan garmen Indonesia, rata-rata net ekspor diatas USD 5 miliar per tahunnya, tenaga kerja langsung yang terserap 1,4 juta orang…dari kenyataannya tersebut, perbankan nasional memandangnya seperti apa…

  51. Aditya R Perdana

    Salam Kenal Pa Egi, saya dari unit pembiayaan mikro BNI Syariah BSD, saya tertarik dengan perkembangan Industri garmen dan ingin menjajaki kerjasama bisnis perbankan dengan API khususnya daerah Tangerang dan sekitarnya. Kita dapat membantu penyediaan fasilitas pembiayaan dan tabungan bisnis syariah untuk event2 API atau joint promotion dalam pameran API. Dengan MOU antara BNI Syariah BSD dengan API akan mempermudah pelayanan perbankan yang lebih mudah dan cepat. Silahkan menghubungi saya di No. HP 08170846066 dengan saya Aditya P dan dicky di hp 085289437017. Saya akan dengan senang hati memenuhi undangan untuk presentasi atau pun info detailnya, dan Mohon info alamat sekretariat API yang di Tangerang pak, Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Sukses buat API.

  52. Handoko Widagdo

    Dear API,
    Saya ingin tanya bentuk badan hukum yang dipakai oleh API. Sebab setahu saya Asosiasi itu belum ada payung hukumnya. Terima kasih atas penjelasannya

    • pak handoko,
      untuk pertanyaannya dapat dilihat kepersekutuan perdata…untuk payung hukumnya ke UU No.1/85 pak…
      demikian pak dan terimakasih…

  53. salam sejahtera…
    pak, saya sedang membutuhkan daftar pabrik-pabrik garmen yang ada di semarang beserta jumlah karyawan perempuan dan laki-laki yang ada di pabrik tersebut. dimanakah saya bisa mendapatkan data tersebut. terimakasih

  54. Selamat siang Pak, saya mahasiswa Hubungan Internasional, sedang melakukan penelitian mengenai “dinamika industri TPT di Indonesia pasca ACFTA 2010″. Dalam hal ini, saya ingin melihat perubahan, perkembangan (dinamika) industri TPT itu sendiri, baik dari segi eksport-import (khususnya ke dan atau dari China) ataupun indeks produksinya dari tahun 2008-kuartal I 2011, dengan adanya keterlibatan aktor (komponen) bukan negara, termasuk API sendiri. Mungkin Bapak bisa membantu saya, memberikan memberikan data tentang eksport-import dan indeks produksi TPT dari 2008- kuartal I 2011 (kalau bisa per kuartal per tahun). Dan usaha atau tindakan apa saja yang telah dilakukan oleh API pasca ACFTA 2010, mungkin untuk mencegah dampak buruk ACFTA atau pun untuk meningkatkan Industri TPT? Adakah kerjasama yang dilakukan oleh API dengan aktor atau pihak lain, baik dalam negeri Indonesia atau dengan pihak China sendiri? kalau ada, bisa dijelaskan…
    Terima kasih banyak Bapak…
    Ditunggu jawabannya ya, kalau bisa diemail saja Pak….

    • selamat malam…
      sebaiknya juga dibandingkan kondisi & situasi iklim usaha di negara masing2 jadi lebih objektif dalam penilaiannya…
      sbg info, sektor TPT mulai dari NT-1 (normal track 1) yang sudah berlaku sejak juli 2005 dan tahun 2010 menjadi 0%, sehubungan dengan hal tersebut data ekspor-impornya untuk tahun 2010 pasti sudah ada di BPS…
      demikian dan terimakasih…

      • Benar juga kata Bapak, jika harus membandingkan kondisi dan situasi iklim usaha di negara masing2 agar obyektif. Namun dalam hal ini, karena terkait jurusan saya HI dan teori yang saya pakai untuk menganalisis, serta topik yang saya ambil “dinamika industri tekstil di Indonesia”, saya cenderung memilih tidak membandingkannya, (kalaupun ada, itu tidak secara detail). Kalau masalah NT-1, memang ada di agreement on trade in goods of the framework agreement.
        Menurut Bapak, adakah usaha atau tindakan yang telah dilakukan oleh API pasca ACFTA 2010, mungkin untuk mencegah dampak buruk ACFTA atau pun untuk meningkatkan Industri TPT? kalau ada seperti apa?
        Lalu, adakah kerjasama yang dilakukan oleh API dengan aktor atau pihak lain, baik dalam negeri Indonesia atau dengan pihak China sendiri? kalau ada, bisa dijelaskan
        Terima Kasih Pak…

  55. Malam Bapak
    Pak, ada CP API Jateng dan API Yogya kah?
    bisa minta? Kalau ada, sekalian alamat emailnya?
    Terima Kasih

  56. selamat sore pak, saya teguh saat ini saya sedang menyusun tesis dengan topik analisis manajemen keuangan disuatu pabrik tekstil. dalam mengumpulkan data statistik mengenai industri ini saya mengalami kesulitan. pertanyaan saya adalah apakah di API memiliki data base seperti: rasio-rasio keuangan untuk industri tekstil (bencmark)
    bila ada, bagaimana prosedur untuk mendapatkannya?
    Terima kasih atas perhatiannya

    • pak, seperti hal tsb tidak ada…utk mendapatkannya juga sangat sulit pak…
      mungkin dapat dicoba dengan melhat pabrik2 tekstil yang masuk dalam bursa efek, krn ada beberapa yang tbk…
      terimakasih

  57. dear pak
    saya minta tolong bisa ngak bapak kirimkan alamar perusahaan pengimport benang dari india ke indonesia,,
    atas bantuan bapak saya ucapkan terimakasih banyak

    best regards
    Henri

  58. Dear Pak,
    saya pernah membaca artikel tentang penghitungan jumlah konsumsi kapas dalam negeri, disebutkan bahwa menurut API
    jumlah konsumsi=98%x hasil impor kapas + jumlah total produksi dalam negeri.
    Benarkah seperti itu? krn tdk di artikel tsb tdk disebutkan sumber jelasnya.
    terima kasih sebelumnya.

    • pak…
      kita impor kapas tahun 2010 sebanyak 614.258 ton dan produksi lokal 3.779 ton. sedangkan konsumsi/kebutuhan kita 589.484 ton. itu semua belum termasuk poliester, rayon, serat lainnya selain kapas (cotton).
      demikian pak…

  59. Hello Pak,
    Bagaimana caranya mencari daftar exporter/pabrik yg ber-produksi fabric denim/jeans di Indonesia?. http://www.indonesiatextile.com tidak berfunsi.
    Terima kasih.

  60. salam , saya Rahmad pengepul limbah sgala jenis kain ataupun parasit di kota surabaya. apa harus menggunakan ijin yang sesuai dengan perundang2an tentang penimbunan limbah .
    thx atas partispasinya

    • pak rahmad,
      untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan limbah tentunya ada pengaturannya, salah satunya sebagaimana yang diatur oleh kementerian lingkungan hidup.
      sedangkan untuk pertanyaan pak rahmad, mohon dijelaskan terlebih dahulu :
      1. apakah kain yang dimaksudkan adalah ‘perca’ (potongan-potongan kain), kalau benar maka ‘perca’ ini bukan limbah pak, tetapi kain-kain yang sudah terpotong-potong dari sisa proses produksi dari perusahaan tekstil dan garmen, dan masih bisa dimanfaatkan lagi. begitu pula dengan ‘majun’ (potongan-potongan benang), inipun bukan limbah pak.
      2. baik perca maupun majun adalah bukan ‘gombal baru dan bekas’, karena perca dan majun adalah sisa-sisa potongan bahan baku yang murni berasal dari proses produksi perusahaan tekstil dan garmen, jadi bukan bekas atau baru.
      3. untuk nomor 1 dan 2, harus dijelaskan dengan terperinci, jelas, dan transparansi. karena untuk membuktikan bahwa yang memanfaatkannya adalah perusahaan yang dalam berproduksi menggunakan bahan baku textile waste yang berasal dari sisa proses produksi perusahaan tekstil dan garmen.
      demikian pak dan terimakasih.

  61. Salam Pak..
    Saya punya teman luar negeri yang ingin membuka usaha pakaian “Abaya Arab (Jubah hitam)”, dia menanyakan bahan-bahan apa saja yang sering digunakan untuk membuat pakaian tersebut dan bagaimana kualitas bahan tersebut di Indonesia..karena saya awam mengenai hal ini, maka saya butuh bantuan Bapak :
    1) Nama-nama jenis bahan yang sering digunakan terutama yang berkualitas nomor 1 (eksport)
    2) Nama-nama perusahaan yang memproduksi bahan-bahan tersebut
    3) kira-kira mau tidak perusahaan memberikan sample bahan tersebut kepada saya, bagaimana prosedurnya?
    Terima kasih sebelumnya..

    • selamat siang bu,
      sebaiknya ibu minta contoh bahannya dari temen ibu tersebut (dan ini umumnya yang dilakukan) agar tidak salah.
      dari contoh bahan tersebut, ibu bisa mencarinya di jakarta (pasar tanah abang, cipulir, cipadu) atau di bandung (pasar baru).
      untuk ke pabrik ibu harus memilki data2 awal, seperti jenis kainnya apa (agar lebih fokus ke perusahaannya, karena jumlahnya ada lebih dari 1.100 pabrik kain) , berapa banyak yang dibutuhkan (karena ada minimal order), bagaimana pembayarannya, dan lain sebagainya.
      demikian dan terimakasih

  62. Salam Pak ..
    Terima kasih atas penjelasan Bapak sebelumnya..
    Berdasarakan penjelasan, Bapak menyarankan saya untuk ke pasar/pabrik yang berada di pulau Jawa, sayangnya saya tinggal di Palembang-Sumatra Selatan (jenis bahan untuk membuat ABAYA sangat terbatas), tetapi ada beberapa contoh bahan yang sudah saya dapatkan seperti : kain Danmark, Crepe, Cotton Rayon, Zeta silk, Syphon, soft LG, dan Cotton spandex..
    Saya telah mencari web/link perusahaan tekstil untuk mencari info Spesifikasi atau jenis bahan yang mereka produksi beserta harga, tetapi sayangnya info tersebut sangat terbatas dan sulit bagi saya untuk berhubungan langsung dengan perusahaan tersebut melalui web..
    yang ingin saya tanyakan :
    1) mengapa perusahaan tekstil tersebut memberikan info yang terbatas bagi konsumen melalui web/link (beberapa link perusahaan malah tidak bisa dibuka) ? apa ada prosedur lain yang harus saya tempuh?
    2) Kira-kira perusahaan mau tidak memberikan saya sample bahan dalam bentuk KATALOG seperti yang mereka berikan kepada toko tekstil? berapa kisaran biaya untuk pengiriman sample tersebut?
    SAYA benar-benar AWAM mengenai pertekstilan berikut juga teman saya..
    Terima kasih atas bantuan Bapak..

    • bu…
      sebaiknya coba ke pasar tanah abang saja dengan membawa contoh bahan/kain yang didapat, karena kalau ke pabrik/perusahaan ada batas atau minimum order sesuai dengan nilai ekonomisnya.
      demikian bu dan terimakasih

  63. selamat siang pak,, saya mau menanyakan perkembangan TPT Indonesia dari tahun 1990-2010.
    mohon infonya
    terima kasih

  64. ASEP ACHMAD SUTARDI

    Salam sejahtra untuk Bapak,
    Bagaimana caranya untuk dapat mengetahui daftar perusahaan textile yang terdaftar di API di Web API, terimakasih.

  65. selamat malam pak, mohon bantuannya kira-kira dimana saya bisa mendapatkan data jumlah industri tekstil anggota API untuk provinsi Bali. mohon bantuannya untuk keperluan skripsi. terima kasih…

  66. selamat siang pak
    bagaimana caranya untuk mengetahui data pabrik spining di jateng dan DIY.terimakasih

  67. Salam hormat pak Egi
    saya punya teman wanita kuliah di farmasi sedang menyusun skripsi tentang pengolahan limbah pabrik tekstil tapi apa daya menurutnya sudah hampir sebulan, belum menemukan pabrik yang bersedia membukakan pintu untuk diambil sampel untuk diteliti.
    yang ingin saya tanyakan hal2 apa yang harus teman wanita saya lakukan agar bisa mendapatkan sampel dari limbah pabrik tekstil,
    apakah untuk mendapat melakukan penelitian limbah pabrik harus mendapatkan surat ijin terlebih dahulu dari suatu lembaga berwenang dan mungkin bak Egi bisa memberi informasinya yang lengkap, termasuk pabrik yang bersedia limbahnya diteliti karena teman wanita saya harus menyelesaikan kuliahnya semester ini juga terkait dengan biaya kuliah yang menipis..
    terima kasih pak atas perhatiannya.

  68. Siang pak, saya bekerja di garment – Bali, saya ingin tahu banyak tempat tempat supplier kain yang ada di jawa, solo dll dan juga tempat tempat pembuatan batik karena kebanyakan customer saya membuat design batik sendiri dan di batik di indonesia.
    mohon informasinya.
    terima kasih jenny

  69. selamat malam pak ismy, saya mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tentang permintaan produk TPT Indonesia ke AS tahun 2007-2009..yang saya ingin tanyakan apakah dengan terjadinya resesi as, 1.apakah permintaan produk tpt indo ke as menurun? apakah ada data statistiknya
    2. bagaimana sumber daya manusia indonesia thn 2007-2010, apakah ada penurunan,
    3. bagaimana infrastruktur untukindustri tekstil

    saya harap bapak berkenan membantu saya..sebelumnya terimakasih ya paak..

    • 1).nilai ekspor produt TPT Indonesia ke AS (juta USD) : 4.206 (2007), 4.241 (2008), 4.021 (2009). 2).jumlah tenaga kerja di industri TPT Indonesia (orang) : 1.235.250 (2007), 1.289.400 (2008), 1.337.497 (2009). 3).infrastruktur pelabuhan : tarifnya termahal untuk di ASEAN (THC utk 20″ di Indonesia USD 95, Malaysia USD 88, Vietnam USD 70, Thailand USD 63), masih menggunakan mata uang asing. Transportasi darat : operasional kendaraan truk rata2 di Indonesia USD 0,34 per km (dan di Asia sebesar USD 0,22 per km), jika terjadi kemacetan, maka biaya operasional truk di Indonesia bisa mencapai USD 4 per km.

  70. Saya pelaku industri kecil bidang pertenunan memproduksi setagen, mohon bisa diinformasikan sebetulnya selai digunakan untuk orang putri digunakan untuk apa? Karena rasanya sekarang sudah jarang orang pakai tetapi ternyata permintaan juga masih lumayan terus ada/

  71. Selamat siang pak..
    pak saya mau tanya,saya sekarang sedang kuliah di sekolah tinggi teknologi tekstil Bandung..
    saya mau mencari info ketika saya lulus saya ingin bekerja di JaTim..
    ada rekomendasi pabrik di Jatim tidak pak?

  72. Selamat malam pak Egismy
    nama saya Yogi, saya mahasiswa ekonomi Universitas Negeri Padang
    saat ini saya sedang melakukan penelitian tentang ekspor tekstil indonesia ke cina
    apakah ada data ekspor tekstil indonesia ke cina (Kg dan US $), ekspor tekstil Indonesia, Produksi Tekstil, Harga Ekspor Tekstil, harga dalam negeri, saya memerlukan datanya dari tahun 1980 sampai yang terakhir atau 2011.
    mohon bantuannya pak.
    terimakasih sebelumnya

    • selamat malam pak,
      kalau untuk data statistik ekspor-impor dan produknya ada dan dapat dibeli di BPS atau coba di perpustakaan kementerian perindustrian.
      sedangkan untuk dari tahun 1980 – 2011, kemungkinannya yang ada 5 tahun kebelakang dari tahun 2011
      demikian pak dan terimakasih

  73. selamat siang pak,
    saya mahasiswa jurusan akhir, dalam proses penyusunan tugas akhir pak, ini kebetulan angkat masalah insentif pajak di dunia industri indnesia dengan di negara asia, bisa berbagi informasi dari industri tekstil dan garmen sendiri pak ada insentif pajak seperti apa saja ya pak yg diberikan pemerintah? karna data insentif mengenai peraturan pajak isinya bersifat umum.

    Terimakasih

  74. salam hormat pak Ismy
    saya mahasiswa teknik tekstil tingkat akhir yg sedang mengerjakan skripsi, skripsi yg sedang saya buat mengenai serat daun nanas
    saya mau menanyakan tempat yg menjual serat daun nanas, dan harga dari serat daun nanas tersebut
    terima kasih

    • selamat malam pak,
      pak, dapat dicari di Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta, yaitu hasil penelitian yang dilakukan pada Laboratorium Evaluasi Tekstil Prodi Teknik Tekstil FTI UII Jogjakarta
      demikian pak dan terimakasih

  75. Saya iyan, desainer
    mohon info ttg asosiasi desain textile yang sudah ada dan gambaran kinerjanya . terima kasih

    • pak iyan, sepengetahuan saya asosiasi desain tekstil tidak ada, yang ada adalah profesinya yaitu APPMI, IPMI. sedangkan untuk desain tekstilnya umumnya berada internal perusahaan-perusahaan tekstil. demikian dan terimakasih

  76. Salam Pak, saya ingin memulai usaha mengumpulkan limbah dari garmen dan tekstil berupa benang rayon. Apakah Bapak bisa memberitahu saya alamat dan no tlp yg bs membantu saya Terima kasih banyak Pak. Salam.

    • selamat pagi pak,
      utk nama2 dan alamat pabrik yg sisa2 produksinya tsb (bukan limbah pak), dapat ditanyakan ke asosiasi pertekstilan indonesia (API) atau dapat dilihat di http://www.indonesiaspinners.com
      sbg info pak…utk sisa2 produksi (seperti kapas, benang, kain) oleh pabrik diolah kembali, jadi tdk ada yg terbuang percuma. misalnya sisa benang, dapat diolah kembali yg produknya berupa kain pel/lap, terpal utk tenda, dan sejenis lainnya…bahkan yg terjelek pun masih bermanfaat, misalnya utk kompos…
      demikian dn terimakasih

  77. Selamat sore,Pak.. sy mhswa UNS smster akhir yg lagi mengambil skripsi soal daya saing TPT Indonesia.. saya ingin bertanya soal kode ISIC sm HS, terutama yg 2 digit..sy pusing mempelajari kode2 ny.. Mohon pencerahannya,Pak..terima kasih

  78. selamat mlm,pak…makasih buat email nya.
    yg pakai HS cm Indonesia atau negara mn aj?? untuk penyesuaian ke standar internasional bgmn y,pak? oh y, utk nyari data harga ekspor msg2 komoditi itu kira2 kmn y,pak?
    makasih, maaf sebelumnya byk tanya.

    • HS itu adalah untuk internasional…
      untuk data harga ekspor masing2 komoditi, mungkin ada di ditjen BC atau Bank Indonesia, tp dicoba hitung sendiri saja, yaitu total nilai ekspor dibagi total nilai volume per komoditi…
      brgds

  79. oh, terima kasih untuk info nya,pak..
    oh ya, untuk mencari data ekspor TPT baiknya ke BPS atau BI ya,Pak?? Kalau API sendiri punya data nya tdk ya,pak?
    thnks

  80. siang pak, kami mau bertanya kalau mau minta alamat garment di indonesia minta nya kemana ya pak, kami kebetulan bekerja di bidang jasa, menjual prodak berupa program untuk garment, agar kualitas garment lebih memuaskan, ada sistem kontrol karyawan, progres pekerjaan yang semua running dalam satu modul, bahkan sampai ke gaji karyawan, perusahaan kami agak kesulitan jika berbatas dengan info dari web saja, karena banyak data di web yg sudah expired, trimakasih pak
    regrads,
    lian

  81. terimakasih banyak pak atas bantuan nya
    regrads,
    lian exilant.com

  82. selamat malam pak.
    untuk textile yarn/benang kode SITC nya 651 tapi kode HS nya berapa ya pak?

  83. selamat sore pak, sy mahasiswa unsri sedang mengerjakan skripsi tentang industri batik 17124, sy mengalami masalah mengumpulkan data ekspor selam 10 tahun terakhir menggunakan kode HS, setau saya kode HS untuk terakhir (2011) pakai 10 digit, sedangkan HS 9 digit trakhir di pakai 2008, bagaimana menurut bapak agar setiap tahun sinkron dengan menggunakan HS yang terbaru 10 digit, adakah di bawah tahun 2009 kode HS yang 10 digit? trimakasih salam….

    • selamat pagi,
      - utk kode HS, lihat yg terbaru yaitu di permenkeu nomor 213/2012 ttg penatapan klasifikasi barang dan pembebanan bea masuk atas barang impor.
      - utk HS (harmonized sytem) merupakan kode yang dimaksudkan untuk mengklasifikasikan berbagaia macam komoditi/barang import untuk menentukan tarif bea masuknya. saran saya lebih baik memakai 10 digit, karena akan lebih fokus pada 1 jenis barangnya. karena utk data ekspor batik itu ada : batik garment, batik non-garment, home furnishing, yg masing-masing ada breakdownnya lagi.
      - data angka ttg batik dapat dicari di BPS (badan pusat statistik).
      terimakasih…

      • Salam kenal pak. Saya jeany. Saya mau bertanya tentang peraturan import dr china ke indonesia bagaimana caranya?dan mhn djlasskan tentang bea cukainya. Terima kasih

      • selamat siang,
        bu, coba dicari informasi tsb di kementerian perdagangan atau ke sekretariat ASEAN terkait dengan AC-FTA (ASEAN – China Free Trade Area).
        terimakasih…

  84. Selamat malam pak,
    Saya berencana membuka toko bahan khusus kain katun jepang & lokal.
    Bagaimanakah cara mendapatkan suplier untuk produk tsb? apakah memungkinkan membeli langsung dari pabrik?

    • selamat siang pak,
      sebaiknya coba dulu cari di pasar tanah abang pak, umumnya ada beberapa perusahaan mempunyai agent disana.
      untuk beli langsung ke pabrik juga bisa, biasanya ada minimum pesanan.
      terimakasih

      • Apakah bapak punya contact no agent perusahaan di tanah abang atau pabrik yang memproduksi kain katun jepang & lokal tsb?
        thanks ya pak.

  85. ass pak saya ingin menanyakan kode hs untuk produk pakaian jadi nomor berapa saja ya?
    terima kasih.

    • hs garment no 6101.10 s/d 6117.90 & 6201.11 s/d 6217.90

      • terima kasih sekali pak sebelumnya atas jawabannya, saya ingin bertanya kembali
        1. apakah kode hs tersebut dapat digunakan untuk kode hs tahun berapapun?
        2. apakah ada perbedaan antara kode hs untuk ekspor dan untuk impor?
        4. berpakah kode sitc untuk pakaian jadi?
        3. apakah bapak bisa memberitahu dimana lagi untuk mencari data garment selain bps, bi, uncomtrade, worldbank dan kemendag?
        terima kasih kembail pak sebelumnya dan mohon maav apabila saya banyak bertanya.

  86. siang pak,
    mohon informasinya jumlah tenaga kerja yang berkecimpung di sektor TPT pada thun 2013 dan sebelumnya. Saya lihat di BPS hanya ada secara general (“Industri”)
    mohon pm saja lsg pak tuk bahan presentasi ke bos saya. seblumnya terimaksih

  87. Selamat siang Pak,
    Bagaimana tentang implementasi Permenakertran No.19/Thn.2012 ?
    Apakah API sudah siap membuat atau mengesahkan Alur pelaksanaan
    pekerjaan buat anggotanya, atau API punya sikap tersendiri bab ini ?
    Mohon pencerahan. Terimakasih.

    • selamat pagi pak,
      sikap dari API, dengan membuat surat ke menakertrans pada tanggal 08 okt 2013 dengan nomor surat 105 dan di cc kan ke menkoperekonomian, menperindag, mendag, APINDO, yang isinya secara garis besar :

      1.Untuk menentukan dan menetapkan alur proses produksi di industri TPT nasional, API tidak dapat melakukannya. Karena dalam proses produksi TPT di masing-masing perusahaan TPT sangat berbeda-beda. Hal yang paling sangat mendasar atas perbedaan tersebut adalah :
      a.Industri TPT nasional terdiri dari 3 sektor, secara berurutan adalah :
      –Sektor hulu (up stream), yaitu perusahaan man-made fiber (yaitu yang membuat serat buatan berupa poliester dan rayon), dan perusahaan spinning (yaitu yang memproses serat kapas). Jumlah perusahaan tersebut pada tahun 2011 adalah sebanyak 30 pabrik.
      –Sektor antara (mid stream), yaitu perusahaan spinning (yang membuat benang), perusahaan yang membuat kain mentah (yaitu perusahaan weaving dan knitting), perusahaan yang memproses kain mentah enjadi kain jadi (yaitu perusahaan dyeing, printing, dan finishing). Jumlah perusahaannya pada tahun 2011, perusahaan spinning ada 230 pabrik, dan perusahaan weaving, knitting, dyeing, printing, finishing ada 1.074 pabrik.
      –Sektor hilir (down stream), terdiri dari perusahaan garment (yaitu yang membuat pakaian jadi), dan perusahaan yang membuat produk jadi tekstil lainnya (others textile product). Jumlah perusahaannya pada tahun 2011, perusahaan garment ada 1.008 pabrik, dan perusahaan others textile product ada 538 pabrik.
      b.Oleh karenanya sangatlah tidaklah mungkin untuk menyeragamkan satu proses produksi di industri TPT nasional, baik secara per sektor maupun secara perusahaan dari satu sektor. Jika alur proses produksi ini dipaksakan untuk ditentukan dan ditetapkan, maka sama saja membatasi dan menghambat ruang gerak perusahaan TPT nasional untuk kemajuan.

      2.Kesulitan lainnya sehingga API tidak bisa menentukan dan menetapkan alur proses produksi di industri TPT nasional adalah :
      a.Di setiap pabrik TPT nasional untuk menghasilkan produk yang berkualitas, maka pada proses produksinya menggunakan beberapa mesin, dan hingga kini di Indonesia tidak ada pabrik TPT yang menggunakan mesin untuk proses produksi hanya dari satu merk dan dari satu negara saja. Karena masing-masing negara dan merk tersebut mempunyai keunggulan tersendiri, contohnya :
      –Di perusahaan spinning, untuk blowing merknya Rieter, Trutzschler, Marzoli. Untuk carding merknya Rieter, Crosrol, Marzoli. Untuk drawing merknya Rieter, Hara, Marzoli. Untuk combing merknya Rieter, Voux, Marzoli. Untuk roving merknya Rieter, Toyoda, Marzoli. Untuk ring spinning merknya Rieter, Marzoli. Untuk winding merknya Murata. Mesin-mesin tersebut diproduksi oleh negara Italy, Jepang, German, Belgia.
      –Di perusahaan weaving, untuk warping merknya Tsudakoma, Beninger, Schlafhorst, Suessen. Untuk air jet loom dan water jet loom merknya Picanol, Tsudakoma, Toyoda, Toyota. Untuk papier dan projectile merknya Sulzer. Mesin-mesin tersebut diproduksi oleh negara Italy, Jepang, German, Belgia.
      –Di perusahaan knitting, menggunakan beberapa merk seperti Karl Mayer, Stoll, Sangiacomo, Steiger, yang berasal dari negara Italy dan Jerman.
      –Di perusahaan dyeing dan finishing, untuk jet dyeing merknya Fong’s, Hisaka, Brazzoli, Thiess. Dan di finishingnya dengan merk Montex, Babcock. Negara produsen mesinnya dari Italy, Jerman, Jepang.
      –Di perusahaan garment, untuk mesin jahitnya dengan merk Brother, Juki, Pegasus. Untuk mesin obras dengan merk Hiruba, Brother, Juki. Negara produsen mesinnya dari Jepang, Jerman.
      b.Banyaknya merk-merk mesin tersebut, dikarenakan di perusahaan TPT nasional yang dijadikan dasar untuk membeli mesin yang baru ataupun mengganti mesin lama dengan mesin baru, sejalan dengan perkembangan teknologi yang terjadi, adalah dengan melihat :
      –Kebutuhannya, karena ada beberapa perusahaan dalam rangka untuk mempertahankan buyersnya, khususnya buyers dengan merk (branded) tertentu, maka melakukan substitusi beberapa mesin lamanya dengan mesin yang baru.
      –Produktivitas dari mesin tersebut (input & output), seperti penggunaan energinya, wastenya sedikit, otomatisasi dan teknologinya, umur mesin dengan melihat titik optimum, mudah dioperasikan.
      –Country trademarknya, ini terkait dengan kualitas serta pasar tujuannya, dan yang terpenting lagi adalah budgetnya.
      c.Oleh karenanya, sangatlah tidak mungkin menentukan dan menetapkan satu proses
      produksi TPT berdasarkan puluhan merk mesin TPT. Jika ini dipaksakan, maka sama saja mematikan industri TPT nasional, karena produknya pasti ditolak oleh pasar, sebab kualitasnya tidak sesuai dengan keinginan buyers.

  88. lokasi API untuk wilayah sidoarjo beralamat dimana ya? terima kasih..:)

  89. asslamualkm pak egi…
    saya ali di sumatera utara…
    selamat siang,.

    saat ini saya sedang mempersiapkan proposal kepada calon investor yang ingin mendirikan industri garment yang bergerak dalam bidang printing,pengolahan pakaian jadi,sampai dengan pemasaran atau penjualan…
    namun saat ini saya kesulitan untuk mencari industri tekstil yang bersedia untuk bekerja sama suplay bahan kain, saya sudah cukup puas mencari di google maupun yellow pages namun belum ada hasilnya…
    mohon bantuannya, saya berharap saat ini ada industri tekstil yang bisa saya ajak kerjasamanya, dan dapat menghubungi saya di no 081263289132..
    saya membutuhkan daftar harga per yard (prince industry) dari setiap bahan kain yang akan digunakan, jenis kainnya adalah sebagai berikut :

    1. katun (prima dan Primissima)
    2. polister
    3. semi katun
    4. silk
    5. sanwosh

    saya berharap dapat penjelasan kemana dan siapa yang bisa saya hubungi,saya membutuhkan data harga bahan kain yang sudah di proses dyeing maupun masih warna polos putih…
    saya sudah menghubungi buscenter@bpnapi.org namun sepi tanggapan pak..
    terima kasih mohon bantuannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s