Sama-Sama Butuh

Masalah ketenagakerjaan di industi tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional diperkirakan akan semakin kompleks dan terjebak dalam situasi pemisahan kebutuhan antara pekerja dengan pengusaha. Seakan-akan kebutuhan antara pekerja dan pengusaha saling bertolak belakang. Padahal kondisi yang seharusnya tercipta adalah keadaan kebutuhan yang seimbang, yaitu pekerja butuh pekerjaan/penghasilan dari pengusaha untuk memenuhi tuntutan hidupnya, sementara pengusaha butuh pekerja untuk menjaga eksistensi pertumbuhan usahanya dengan tujuan memperoleh penghasilan/keuntungan. 

Mempertemukan kebutuhan antara pekerja dan pengusaha dalam satu titik ekuilibrium yang tepat memang tidak mudah dalam situasi saat ini dimana iklim usaha serba sulit. Sementara itu Undang-Undang No. 3 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang rencananya akan ada pembahasan oleh pemerintah ternyata sampai saat ini belum ada khabar beritanya, dan ini akan menjadikan suatu kondisi yang sangat rawan serta potensial membangkitkan perselisihan antara pekerja dengan pengusaha, atau istilahnya perselisihan hubungan industrial.  

Walaupun diharapkan tidak terjadi perselisihan hubungan industrial, namun akibat yang pasti adalah, baik pekerja maupun pengusaha, akan sama-sama rugi. Karena bagaimanapun juga agar aktivitas perusahaan berjalan dengan normal, bukan hanya bergantung pada keamanan, stabilitas, dan iklim usaha yang kondusif saja, tetapi internal perusahaan (dalam hal ini ketentuan/aturan untuk hubungan antara pekerja dan pengusaha) juga sangat menentukan. Atau dengan kata lain, eksistensi perusahaan tidak akan berjalan dengan baik dan lancar kalau internal perusahaan, yaitu pengaturan hubungan antara pekerja dan pengusaha, tidak ada dan dapat dipastikan akan selalu terjadi pertikaian dalam rangka untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s