Peluang Sekaligus Ancaman

Persaingan usaha di abad 21 dengan perekonomian dunia yang mengglobal (globalizing world economy) adalah dinamis. Dalam arti perubahan-perubahan yang terjadi di dunia bisnis digerakan oleh inovasi, inisiatif, kreatifitas, dan tuntutan perbaikan yang kondusif pada: (1) sistem manajemen perusahaan, seperti efisiensi, strategi, struktur, sumber daya manusia, research & development, dan lainnya yang sejenis; (2) iklim usaha, antara lain seperti kebijakan untuk moneter dan fiskal, aturan hukum dan ekonomi, birokrasi, dan lainnya; (3) harga dan supply energi, baik bahan bakar minyak maupun listrik; (4) produktivitas dan skill pekerja; (5) infrastruktur, seperti pelabuhan, transportasi, komunikasi. 

Akses pasar formatnya semakin berkembang dan bergejolak, tidak pernah berhenti: 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Informasi dibagikan dan dipertukarkan serta persepsi dibuat sehingga opini terbentuk dan direalisasikan. Tuntutan pasar: high quality, competitive price; dan delivery on time, yang kesemua tuntutan pasar tersebut adalah kesanggupan sebuah bisnis untuk memenangkan, memperluas dan memperdalam pangsa pasarnya.

Dalam situasi perekonomian negara-negara utama tujuan ekspor sektor riil nasional yang mengalami perlambatan, sebenarnya tidak terlalu mengkhawatirkan bila diimbangi dengan meningkatnya permintaan pasar domestik. Akan tetapi ternyata pasar dalam negeri telah dibanjiri oleh produk-produk impor, baik yang legal maupun ilegal. Tidak dapat disangkal, bahwa globalisasi makin mengekspos sektor riil nasional pada persaingan yang keras (fierce) untuk akses pasar domestik, regional maupun internasioal.

Dan harus disadari, tidak ada satu carapun yang dapat menghambat globalisasi yang menuju terciptanya suatu kondisi baru yang menimbulkan peluang sekaligus ancaman bagi mereka yang tidak siap mengantisipasinya. Pada perekonomian dunia yang mengglobal otomatis persaingan dalam perdagangan akan terbuka secara bebas dan ketat. Tidak ada kuota, tidak ada ekonomi nasional, tidak ada kepastian apakah akan melawan atau bertahan, dan lain sebagainya, yang ada hanyalah imperatif untuk memahami bahwa kita semua menempati ruang yang sama pada saat yang sama. Dan hanya satu hal yang dapat diyakini dan dipastikan: akan selalu ada pemenang dan pecundang. 

Dari perspektif tersebut diatas, diharapkan para pelaku sektor riil dapat mengintrospeksi internal terhadap perubahan-perubahan yang terjadi diseputar lingkungan perdagangan dunia yang mengglobal. Kata kunci utama dalam lingkungan persaingan yang keras dengan formatnya yang semakin bergejolak ke arah satu pasar terpadu (one integrated market) adalah inovasi, inisiatif, dan kreatifitas. Dan dengan inovasi, inisiatif, dan kreatifitas tersebut diharapkan kinerja sektor rill dapat berkompetensi dan mampu bersaing untuk memperoleh, memperluas, dan mempertahankan pangsa pasarnya, baik di domestik, regional maupun internasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s